Pengaruh Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Hafalan Mufrodat Kitab Amtsilatut-Tashrifiyah
Main Article Content
Abstract
Memorizing the mufrodat in the book amtsilatut-tasrifiyah is important for students of Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Sunan Drajat East Java because it is also the basis for being able to read salaf books. Shorof learning in Class IV D Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Sunan Drajat is quite effective, but students tend to be less enthusiastic in implementing the learning. This type of research is quantitative research. The population in this study were students of Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Sunan Drajat and the sample used was class IV D of Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Sunan Drajat, East Java. The instruments used are: Tests, Interviews, and Documentation. To strengthen the results of the research carried out, the researchers analyzed the data using the t-test formula.
Article Details
Section
How to Cite
References
Aini farista, uyen. “penerapan pembelajaran nahwu shorof dalam perspektif amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren sabilul muttaqin.” Uin sunan ampel, 2018.
Amien, Nurhakim, Mengenal al-Amtsilah at-Tashrifiyah Kitab Dasar Belajar Sharaf, dalam https://www.nu.or.id/pustaka/mengenal-al-amtsilah-at-tashrifiyah-kitab-dasar-belajar-sharaf-tseSw, (21 Juni 2023)
Arikunto, suharsimi. Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. 6 ed. 14. Jakarta: rineka cipta, 2011.
Darmansyah. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Dhieni, N. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2005.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. Strategi BelajarMengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama, 2011.
Fuad Effendy, Ahmad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2005.
Hajar, hendar ibnu, mila sapitri, dan imam asrofi. “pembelajaran amtsilatit- tasrifiyah dengan metode bernyanyi” 5, no. 2 (2021).
Harimurti Kridalaksana. Kamus Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1983.
Hariwijaya, M. dan Bertiani Eka Sukaca.. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Bandung, 2007.
Hurlock. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga, 1991.
Lusiana, restu. “analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif.” Jurnal penelitian dan pembelajaran matematika 10, no. 1 (14 februari 2017). Doi:10.30870/jppm.v10i1.1290.
Masykur, N. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2005.
Muliawan, Jasa Ungguh. Manajemen Play Group Dan Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Diva Press, 2009.
Musbikin, Imam. Mendidik Anak Kreatif ala Eistein. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2006.
Muh, thamrin. “efektivitas penerapan metode bernyanyi terhadap penguasaan mufradat siswa di madrasah aliyah al-nur patangnga di kabupaten bone.” Uin alauddin makassar, 2018.
Muhammad Sa`id Mursy. Seni Mendidik Anak. Jakarta: Arroyan, 2001.
Nisa, ika khoirun, novita rahmi, dan wal fajri. “penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di mts ma’arif nu 07 purbolinggo.” Arabia 12, no. 2 (19 oktober 2020): 43. Doi:10.21043/Arabia.v12i2.7878.
Nurfitria, Sarifah Alwiyah .Implementasi Model Bernyanyi dalam Pembelajaran MatreiSubtantif‛,http://www.mebermutu.org/media.php?module=detailreferensi&id=73, diakses 8 februari 2023.
Putra, Nusa dan Ninin Dwilestari. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2012.
S febriani, nufian, dan wayan weda. Teori dan praktis: riset komunikasi pemasaran terpadu. Malang: ub press, 2018.
Wa Muna. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2011.
Richards, Jack C. and Theodore S. Rodgers. Approaches and Methods in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press, 2001.
Riyanto, Theo dan Martin Handoko. Pendidikan Pada Usia Dini. Jakarta: Grasindo 2005.
Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. Accelerated Learning for the21 st Century. London:Judy Piaktus,1997.
Rusydy A. Tha’imah. Al-Marja’ fî Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nâthiqîn bi Lughâtin Ukhra, Jâmi’ah Ummu al-Qurâ, Ma’had al-Lughah al-‘Arabiyyah, Wahdat al-Buhûts wa al-Manâhij, Silsilah Dirâsât fi Ta’lîm al-‘Arabiyyah, juz II.
Sheppard, Philip. Music Makes Your Child Smarter: Peran Musik dalam Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama 2007.
Suryosubroto, B.. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Suyanto, Slamet. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta : Hikayat, 2005.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r & d. Bandung: alfabeta, 2019.
Syekh Muhammad Ma`sum bin Ali. Al-Amtsilah At-tasrifiyah. Surabaya: Maktabah Syekh Salim Sa`ad bin Nabhan, 1965).
Tarigan. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 1981.