Analisis Dampak Kedisiplinan Guru PABP dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Main Article Content

Alda Eka Setiawati
Nilna Fadlillah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak kedisiplinan guru mata pelajaran PABP dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk variabel X yakni Kedisiplinan Guru sedangkan untuk variabel Y menggunakan hasil prestasi  belajar  siswa  (raport).  Kuesioner  yang  digunakan  terlebih  dahulu  dilakukan pengujian  validitas  dan  realibilitas.  Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SMA  Bahrul  Ulum Sekapuk  ujungpangkah  Gresik,  dengan  siswa  sebagai  responden.  Populasi  berjumlah  35 siswa, yang juga dijadikan sebagai sampel penelitian. teknik analisis data yakni analisis product moment dan korelasi dengan menggunkan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25, dengan dasar melihat perbandingan nilai r hitung dan nilai r tabel untuk mengetahui tingkat pengaruh kedisiplinan guru dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yakni kedisiplinan guru (X) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) yang dapat dilihat dari  hasil  perhitungan  korelasi  pearson  product  moment,  diperoleh  nilai  r  (pearson correlation) 0,689 dengan nilai sig 0,000. Dengan demikian, nilai sig 0,000 < 0,05 dan r hitung lebih besar dari r tabel, pada taraf sig 5% (0,689 > 0,344 ) dan taraf sig 1% ( 0,689 > 0,442 ). Sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti nilai koefisien regresi sangat signifikan/ kedisiplinan guru (X) yang nyata berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajr siswa (Y).

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Analisis Dampak Kedisiplinan Guru PABP dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. (2023). DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin , 1(1), 1-8. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i1.10

References

Arikunto, S. (2010). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2011). Tips-tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif (Jakarta:Divapres,2011 (p. 96). Diva Press.

Djaramah. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.

Fitriyana&Yessi. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, “Pembelajaran dan sastra (p. 3).

Gunarso, S. D. (2000). Psikologi Untuk Membimbing (Jakarta:Gunung Mulia,2000. In cet ke-X (p. 136). Gunung Mulia.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali pers.

Irawati, H. (2017). Upaya meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar”. edisi.

Irianto, Y. B. (2011). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Marijan. (2017). Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak Yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Tim Sabda Media.

Mulyasa. (2009a). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Reamaja Rosdakarya,2009),h.122.

Mulyasa. (2009b). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.

Rosyid, M., & Mustajab. (2019). Aminol Rosid Abdullah, Prestasi Belajar. Batu:Literasi Nusantara.

Siregar, S. (n.d.). Sttistik Parametik (p. 87).

Subarman, E. (n.d.). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar (p. 18).

Sugiyono, M. P. K. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT, Alfabet.

Sugiyono, M. P. P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan : Prinsip Dan Operasional. Bumi Aksara.

Sukmadinata. (2017). Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar (p. 41). Literasi Nusantara.

Sutadipura, B. (n.d.). Aneka Problema Keguruan (cet. In Angkasa. Angkasa.

Yuliyantika, S. (2017). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 9. https://doi.org/Vol:9,2017