Analisis Dampak Kedisiplinan Guru PABP dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak kedisiplinan guru mata pelajaran PABP dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini digunakan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk variabel X yakni Kedisiplinan Guru sedangkan untuk variabel Y menggunakan hasil prestasi belajar siswa (raport). Kuesioner yang digunakan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan realibilitas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Bahrul Ulum Sekapuk ujungpangkah Gresik, dengan siswa sebagai responden. Populasi berjumlah 35 siswa, yang juga dijadikan sebagai sampel penelitian. teknik analisis data yakni analisis product moment dan korelasi dengan menggunkan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25, dengan dasar melihat perbandingan nilai r hitung dan nilai r tabel untuk mengetahui tingkat pengaruh kedisiplinan guru dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yakni kedisiplinan guru (X) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) yang dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi pearson product moment, diperoleh nilai r (pearson correlation) 0,689 dengan nilai sig 0,000. Dengan demikian, nilai sig 0,000 < 0,05 dan r hitung lebih besar dari r tabel, pada taraf sig 5% (0,689 > 0,344 ) dan taraf sig 1% ( 0,689 > 0,442 ). Sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti nilai koefisien regresi sangat signifikan/ kedisiplinan guru (X) yang nyata berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajr siswa (Y).
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Arikunto, S. (2010). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2011). Tips-tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif (Jakarta:Divapres,2011 (p. 96). Diva Press.
Djaramah. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.
Fitriyana&Yessi. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, “Pembelajaran dan sastra (p. 3).
Gunarso, S. D. (2000). Psikologi Untuk Membimbing (Jakarta:Gunung Mulia,2000. In cet ke-X (p. 136). Gunung Mulia.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali pers.
Irawati, H. (2017). Upaya meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar”. edisi.
Irianto, Y. B. (2011). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Marijan. (2017). Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak Yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Tim Sabda Media.
Mulyasa. (2009a). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Reamaja Rosdakarya,2009),h.122.
Mulyasa. (2009b). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Rosyid, M., & Mustajab. (2019). Aminol Rosid Abdullah, Prestasi Belajar. Batu:Literasi Nusantara.
Siregar, S. (n.d.). Sttistik Parametik (p. 87).
Subarman, E. (n.d.). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar (p. 18).
Sugiyono, M. P. K. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT, Alfabet.
Sugiyono, M. P. P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan : Prinsip Dan Operasional. Bumi Aksara.
Sukmadinata. (2017). Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar (p. 41). Literasi Nusantara.
Sutadipura, B. (n.d.). Aneka Problema Keguruan (cet. In Angkasa. Angkasa.
Yuliyantika, S. (2017). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 9. https://doi.org/Vol:9,2017